Jumat, 08 November 2013


Apakah Anda sedang mencari cara untuk menarik dan mempertahankan lebih banyak pembaca? Berikut ini adalah hasil interview kepada 17 orang finalis kontes Blog Social Media di US. Mereka memberikan tips untuk menumbuhkan pembaca dan subscriber blog Anda.
#1: Aktiflah di dalam Komunitas Lain terlebih dahulu
Berikut adalah tips dari Mitch Joel, pemilik Six Pixels of Separation dan blog Twist Image:
“Anda tidak memiliki kemungkinan untuk membentuk sebuah komunitas kecuali Anda adalah seorang anggota aktif di komunitas lain. Jika saya harus memulai lagi dari awal, apa yang akan saya lakukan? Tentunya saya akan membuat sebuah blog dan mengisinya dengan konten yang relevan dan berguna untuk komunitas, tapi saya akan menghabiskan waktu sepuluh kali lebih banyak memberikan nilai tambah (added value) kepada lima atau sepuluh komunitas yang sudah ada. Komunitas di mana orang-orang yang berpotensi menjadi anggota saya berkumpul dan saling berinteraksi.”
Ini bukanlah sebuah trik khusus – “Saya melakukan hal itu karena saya tertarik dan ingin berinteraksi dengan anggota komunitas lain. Saya juga berharap agar mereka bisa menghargai kontribusi yang saya berikan dan mau meluangkan waktu untuk melihat apa yang saya lakukan di blog saya.”
Ingat, selalu memberi lebih banyak daripada yang Anda dapatkan.
http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2012/07/13.png
#2: Tulis tentang apa yang Anda sukai
Berikut ini adalah cara yang digunakan Michael Brandvold untuk menambah orang yang men-subscribe blognya :
“Nasehat terbaik yang bisa saya berikan adalah Anda harus menulis tentang sesuatu yang Anda sukai dan menjadi passion Anda. Jangan pernah berhenti menulis. Pembaca bisa mengetahui saat seseorang menulis tentang apa yang mereka suka, dibandingkan dengan orang yang menulis tentang sebuah topik sebagai sebuah tugas. Tidak ada trik khusus, Anda hanya perlu bekerja keras untuk sesuatu yang Anda sukai.”
Sejak membangan situs pertama saya pada tahun 1955, saya belajar bahwa user akan terus kembali untuk membaca konten yang asli dan dibuat dengan passion.
http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2012/07/21.png
#3: Tulislah konten yang Luar Biasa Bagus
Mark Schaefer, pemilik The Tao of Twitter dan “Grow” blog marketing yang populer, merekomendasikan hal ini:
“Blogging bukan kegiatan utama saya. Saya memiliki sebuah bisnis yang sedang berkembang pesat, saya juga mengajar dan memiliki kegiatan dengan keluarga dan sosial. Jadi saat saya memiliki waktu dengan blog, hanya satu yang saya pikirkan: Konten yang Luar Biasa Bagus.”
Saya terbiasa melihat sesuatu dari perspektif unik yang bisa memicu pembicaraan yang menarik. Hanya itu yang bisa saya lakukan!
http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2012/07/31.png
#4: Jawab pertanyaan yang diberikan Audiens Anda
Mark Robertson, pendiri ReelSEO, merekomendasikan:
“Cara terbaik yang kami gunakan untuk menarik pembaca ke ReelSEO adalah suatu hal yang klise, kami membuat konten yang menarik, informative, dan unik. Untuk ReelSEO, kami menyadari bahwa konten yang paling banyak dibaca adalah konten yang bersumber dari dua hal :
Pertama, kami merespon permintaan pembaca kami, di dalam dan di luar situs. Saat seorang pembaca meminta nasehat, kami akan mengasumsikan bahwa yang lain juga akan tertarik pada topik tersebut. Sebagai hasilnya, kami biasanya menulis artikel yang secara spesifik menjawab permintaan dari pembaca kami.
Kedua, kami biasanya menulis tentang sesuatu yang menarik untuk kami, tapi tidak ada info yang cukup di internet tentang hal tersebut.
Sebagai contohnya, saya mencari ke segala tempat untuk sebuag daftar aplikasi yang bisa merekam percakapan video dari Skype untuk melakukan interview online dengan video. Saya tidak bisa menemukannya di internet. Maka saya memberikan topik ini pada penulis, dan tidak hanya mendapat yang saya inginkan, tapi artikel itu juga sangat disukai oleh pembaca kami.
Sebagai tambahan, karena hal itu merupakan sesuatu yang sulit dicari jawabannya di internet, kami malah mendapat pembaca baru yang juga mencari tentang topik tersebut.
Jika Anda benar-benar bersemangat mengerjakan blog, Anda bisa dengan sukses menambah audiens dengan cara terus-menerus menjawab semua pertanyaan yang belum terjawab.”
http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2012/07/41.png
#5: Tawarkan Nilai yang nyata
Danny Brown, pemenang penghargaan blogger marketing dan social media, sekaligus pendiri ‘For Bloggers by Bloggers’ dan ’12for12k’, merekomendasikan hal berikut:
“Tawarkan nilai yang nyata pada pembaca Anda. Daripada hanya menawarkan hal simple yang sudah biasa, contohnya Top 10 Tool Management Twitter, Anda bisa membahas perbandingan antara semuanya dan alasan untuk menggunakannya.”
Apa kelebihan dari hal ini? Bagaimana cara Anda menggunakan HootSuite untuk mengatur campaign? Bagaimana cara untuk membaca perkembangannya menggunakan Google Analytics? Dan bagaimana Anda menggunakan informasi ini untuk memperbaiki campaign selanjutnya?
Jangan hanya menawarkan sebuah daftar ‘Top 10′ – bahaslah lebih dalam mekanisme di balik pemilihan Anda, sehingga pembaca Anda memiliki sebuah alasan untuk memilih Anda dibanding blogger lain yang biasa-biasa saja.
http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2012/07/51.png
#6: Pastikan diri Anda tersedia untuk Pembaca Anda
Mike McGrail, pemilik of sebuah blog populer bernama The Social Penguin, merekomendasikan hal berikut:
“Untuk saya, kunci untuk mendapat pembaca yang loyal adalah dengan membuat konten yang cocok dengan kebutuhan mereka. Saya tahu bahwa banyak pemilik bisnis kecil yang membaca the Social Penguin, jadi saya memastikan bahwa sebagian besar post yang kami miliki bisa membantu dan cocok dengan mereka.”
Memiliki opini pribadi juga sangat penting, dan jangan lupa tunjukkan keinginan untuk merespon komentar dan pertanyaan. Orang-orang menyisihkan waktu untuk membaca konten Anda, jadi pastikan Anda memberikan waktu Anda kembali pada mereka.
http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2012/07/61.png
#7: Berikan sesuatu yang baru
Deb Ng, conference director untuk the BlogWorld dan New Media Expo serta pemilik dari Kommein, merekomendasikan hal ini:
“Cara terbaik untuk meningkatkan jumlah subscriber blog Anda adalah dengan menulis konten yang berguna, kreatif, dan orisinal. Blog sudah menjamur belakangan ini, dan kebanyakan blogger menulis hal yang sama. Tidak ada orang yang memiliki cukup waktu untuk membaca selusin blog yang berisi hal yang sama.
Jika Anda ingin memiliki lebih banyak subscriber, tuliskan sesuatu yang baru, berguna, dan luar biasa.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar